Saturday, June 23, 2012

Kemilau Biru Laut Aquamarine

aquamarine
Natural Aquamarine
Bagi orang Indonesia, batu permata Aquamarine atau akuamarine lebih dikenal dengan nama biru laut. Batu ini kebanyakan berwarna hijau bening, semu biru muda, sampai warna biru laut berkilau. Batu aquamarine masih satu keluarga dengan batu-batu jenis beryl, yang mempunyai nilai keras sekitar 7 sampai 8 dalam skala mohs. Batu biru ini tak tahan terhadap suhu yang tinggi, jika dipanaskan kadang warnanya akan hilang. Batu ini banyak disukai orang Eropa. Pernah menjadi pegangan para pelaut sejak jaman dulu.

Banyak batu palsu yang beredar di pasaran. Ada banyak perusahaan batu mulia sintetis membuat batu aquamarin dari bahan-bahan yang sama dengan aslinya, yaitu berylium. Batu semacam itu disebut batu tiruan yang secara visual dan komposisi sama, namun dapat dibedakan setelah diperiksa oleh seorang gemolog.

Deposit terbesar batu aquamarin ada di beberapa negara seperti India, Birma, Siam, Indo China, Afrika Selatan, Madagaskar, Australia, Brazilia, Columbia, Mexico, Pegunungan Alpinia daerah Australia, Jerman Timur dan Inggris Selatan. Sejenis Aquamarin, masih dalam keluarga berryl, adalah batu beryl emas berwarna kuning keemasan. Harga batu dari keluarga beryl sekarang lumayan tinggi, karena banyak peminat.

Adapun tuah atau khasiat yang terkandung pada batu aquamarine adalah mempertinggi rasa kasih sayang dalam rumah tangga dan membawa banyak kebahagiaan dan keberuntungan bagi seseorang yang pekerjaannya berhubungan dengan laut, misalnya anak kapal, pelaut, dan lain-lain.

Sumber: Pouw Kioe An/ Han Sam Kay. Rahasia Batu Permata.Mandira.Semarang 1994

No comments:

Post a Comment