Thursday, June 21, 2012

Keindahan Permata Zamrud

zamrud emerald gemstone
Zamrud alami
Kata Zamrud sangatlah populer di telinga orang Indonesia. Siapa yang tidak pernah mendengar tentang permata Zamrud. Sebagian besar masyarakat di Indonesia tak asing lagi dengan kata Zamrud. Di dunia batu internasional Zamrud dikenal dengan nama Emerald. Zamrud merupakan batu permata atau batu mulia kelas dua yang berwarna hijau sampai hijau tua. Namun pamornya melebihi batu Intan. Zamrud termasuk dalam keluarga mineral beril. Warna hijaunya disebabkan oleh zat kromium. Adanya inti vanadium dan besi yang menyertai zat kromium dalam susunan batu zamrud menyebabkan ragam warna hijau pada batu tersebut. Kekerasan zamrud termasuk rendah sekitar 7 sampai 7,5 dalam skala Mohs. Walaupun merupakan batu yang lunak, Permata Zamrud termasuk dalam golongan batu mulia papan atas karena banyak dicari orang dan harganya sangat mahal.

Beberapa negara penghasil batu Permata Emerald berkualitas adalah Colombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia dan Brasil. Para kolektor batu ini mempunyai keyakinan batu zamrud yang dipakai atau dimilikinya akan membawa keberuntungan. Tidak jarang juga para enterprenur banyak yang memiliki permata Zamrud sebagai batu mulia dan batu aji andalan mereka. Batu zamrud sangat berbeda dengan batu mulia lainnya, batu mulia ini tidak mudah berubah warna, namun tergolong batu yang rapuh maka harus sangat hati-hati ketika mengenekannya.

Batu Permata Zamrud dengan bentuk cuting biasanya berharga jauh lebih mahal dibanding Zamrud yang diproses dalam bentuk cabochon. Umumnya Zamurd mempunyai potongan khusus bernama 'Emerald Cut'. Warna hijau permata Zamrud ini secara sekilas mirip dengan batu Giok dan Bacan yang memiliki warna dasar hijau. Tetapi bila dilihat lebih teliti akan terlihat perbedaan serat dan pancaran warnanya. Batu Zamrud memiliki keindahan lebih dibanding dengan giok ataupun Batu Bacan.

Sekarang ini banyak beredar batu zamrud palsu di pasaran. Sebenarnya tujuan untuk membuat batu palsu itu adalah untuk mengganti batu asli yang sangat mahal. Namun banyak pedagang nakal yang menghargai batu palsu seperti batu asli. Saat ini tidak mudah untuk membedakan antara batu zamrud asli dan palsu jika anda belum berpengalaman tentang batu mulia. Walaupun anda memakai senter khusus untuk memeriksa serat dan lensa pembesar minimal 10 kali perbesaran. Zamrud palsu sekarang juga memiliki serat seperti Zamrud chatam. Banyak kolektor batu mulia pemula yang tertipu, mengira zamrud chatam sebagai batu alami.

1 comment:

  1. sedikit info mengenai batu lumut suliki bisa dilihat di
    http://tasikpedia.blogspot.com/2014/11/batu-akik-suliki.html
    makasih agan-agan semua

    ReplyDelete